Latar Belakang

Matematika sebagai salah satu ilmu penting di dunia, karena matematika memiliki sebuah kekuatan yang mampu diaplikasikan ke dalam beberapa aspek, termasuk teknologi. Sejak awal perkembangannya, matematika menjadi tenaga pendukung bagi perkembangan teknologi. Matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat yang penting di berbagai bidang, antara lain ilmu alam, teknik, kedokteran/medis, dan ilmu social seperti ekonomi, dan psikologi. Matematika merupakan ilmu yang berasaskan pada fakta yang nyata, meskipun dalam perkembangannya akan tampak bahwa ilmu ini semakin menuju ke sesuatu yang di luar jangkauan pemikiran kebanyakan orang. Matematika melingkupi penerapan pengetahuan ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru.

Banyak rumus dan perhitungan matematika yang secara jelas diaplikasikan dalam teknologi. Oleh karena itu, penemuan itu sendiri tidak bisa dilepaskan begitu saja dari pengaruh ilmu matematika di dalamnya. Para matematikawan, pendidik, dan peminat matematika senantiasa bergulat di dalam pengembangan matematika dan pendidikan matematika untuk perkembangan matematika itu sendiri.

Pada sisi lain, perkembangan teknologi telah menghasilkan banyak perubahan terhadap pola hidup masyarakat. Era revolusi industri 4.0 sebagai bagian dari perkembangan teknologi merupakan suatu revolusi dengan sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerjasama satu sama lain serta antar manusia secara bersamaan serta tanpa batas.  Secara umum, era ini diketahui sebagai perubahan cara kerja yang menitikberatkan pada pengelolaan data, sistem kerja industri melalui kemajuan teknologi, komunikasi dan peningkatan efisiensi kerja yang berkaitan dengan interaksi manusia. Selain itu, era ini menyediakan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik matematika, matematikawan dan peminat matematika dengan mengingat bahwa di era ini peran manusia setahap demi setahap akan diambil alih oleh mesin otomatis. Era ini turut mempengaruhi perkembangan matematika karena peranan matematika sangat besar dalam memahami fenomena baru yang terlahir dari tantangan bangsa yang semakin kompleks dan dinamis secara luas Matematikawan termasuk pendidik matematika diharapkan dapat mengembangkan diri dan ketrampilan melalui berbagai kegiatan akademik demi kemajuan bangsa di era revolusi industri 4.0. 

Konferensi Nasional Matematika (KNM) merupakan kegiatan rutin matematikawan, pendidik, dan para peminat matematika di kawasan Indonesia yang diselenggarakan sejak Tahun 1976 oleh Indonesian Mathematical Society (IndoMS). Pelaksanaan kegiatan KNM bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan KNM secara teratur diselenggarakan setiap dua tahun sekali bergiliran di perguruan tinggi di Indonesia sejak Tahun 2000. Berdasarkan hasil keputusan KNM XIX Tahun 2018 bahwa penyelenggaraan KNM XX Tahun 2020 akan dilaksanakan di Ambon dan Universitas Pattimura dipercayakan sebagai tuan rumah. Dengan demikian, IndoMS bekerjasama dengan Jurusan Matematika FMIPA dan Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Pattimura dalam menyelenggarakan KNM XX.

Berkaitan dengan berbagai hal yang telah disebutkan sebelumnya maka penyelenggaraan KNM XX Tahun 2020 mengusung Tema: Peranan Ilmu Matematika dalam Menjawab Tantangan Bangsa yang Semakin Kompleks dan Dinamis di Era Revolusi Industri 4.0. Dengan tema tersebut, KNM XX Tahun 2020 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi peneliti, pendidik, dan peminat bidang matematika untuk diskusi tentang pengembangan dan peranan matematika serta pengaruhnya dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Selain itu, KNM XX juga merupakan salah satu sarana dimana para peneliti, pendidik, dan peminat bidang matematika dari seluruh Indonesia untuk saling berbagi dan bertukar pikiran dengan mendiseminasikan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya, baik kajian teoritis, aplikasi, maupun pendidikan matematika.

KNM XX Tahun 2020 akan melaksanakan beberapa kegiatan penting antara lain Seminar dan Workshop. Adapun cakupan topik yang dapat dipresentasikan dalam kegiatan ini antara lain aljabar, analisis dan geometri, komputasi, matematika terapan, riset operasi, statistika, kombinatorik, pendidikan matematika, dan aktuaria. Selain itu pada kegiatan ini juga akan diselenggarakan Konggres Matematika Nasional dalam rangka Pemilihan Presiden IndoMS Periode 2020-2022, penentuantuan rumah pelaksana 5th IICMA Tahun 2021, dan KNM XXI Tahun 2022.

Tema

“PERANAN ILMU MATEMATIKA DALAM MENJAWAB TANTANGAN BANGSA YANG SEMAKIN KOMPLEKS DAN DINAMIS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”

Tujuan

  1. Sebagai kegiatan dua tahunan dalam rangka menggagas peran matematika dan pendidikan matematika dalam pembangunan bangsa di era revolusi industri 4.0.

  2. Sebagai wadah untuk mendiseminasikan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian baik kajian teoritis, aplikasi, maupun edukasi matematika.

  3. Sebagai sarana agar seluruh anggota Indonesian Mathematical Society (IndoMS) dapat berkumpul, saling berbagi dan saling bertukar pikiran tentang perkembangan matematika dan pendidikan matematika di dunia, khususnya di Indonesia.

  4. Sebagai kongres untuk pemilihan Presiden dan pengurus pusat IndoMS Periode Tahun 2020 –2022.

  5. Menentukan lokasi dan institusi pelaksana The Fifth IndoMS International Conference on Mathematics and Its Application (5th IICMA) Tahun 2021, dan Konferensi Nasional Matematika XXI Tahun 2022.